FTP (File Transfer Protocol)

Apa yang dimaksud dengan FTP?

FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu cara paling simpel dan aman dalam pertukaran file melalui dunia maya / internet. Entah kamu sadar atau tidak, selama kamu browsing di internet, kamu sudah menggunakan FTP. :D

Penggunaan paling umum dari FTP adalah untuk mendownload file dari internet. Karena itu, FTP adalah pusat atau tulang punggung dari kehebohan dowload musik MP3, dan sangat vital peranan nya bagi para gamer online. :belo

Tambahan lagi, kemampuan FTP dalam mentransfer dan menerima file via internet, menjadikan FTP sangat penting bagi siapapun yang membuat sebuah Web, baik seorang amatir ataupun profesional.

Saat kamu mendownload file dari internet, proses sebenarnya adalah kamu mentransfer file tersebut ke komputer mu dari komputer lain melalui jaringan internet. Itulah arti dari huruf T (Transfer) dalam FTP. Walaupun kamu tidak tahu sebenarnya berasal dari komputer mana file yang kamu download tadi.

Alamat FTP sama dengan alamat website kebanyakan, perbedaannya hanya pada penggunaan prefix alamat nya. jika wesite menggunakan http://, maka FTP menggunakan ftp://.

Seringkali, sebuah komputer dengan alamat FTP di dedikasikan hanya untuk menerima koneksi FTP. Jika sebuah komputer yang di setting untuk meng-host halaman web disebut sebagai Web Server atau Website, maka komputer yang di dedikasikan hanya untuk menerima koneksi FTP disebut sebagai FTP Server atau FTP site.

Apa itu FTP Site?

FTP site bisa di ibaratkan sebuah lemari penyimpanan besar. Pada lemari penyimpanan tradisional, orang yang menyimpan sesuatu disana bebas untuk melabeli dan mengatur file disitu sesuai keinginan mereka. Mereka juga bisa menentukan mana file yang bersifat rahasia sehingga harus di kunci dan mana yang bersifat publik. Seperti itulah gambaran sebuah FTP Site.

Virtual Key atau kunci masuk ke sebuah FTP site menggunakan UserID dan Password. Jika pembuat FTP site-nya memberi tiap orang akses menuju file nya, maka UserID adalah ‘anonymous’ dan password nya menggunakan alamat email kamu (nama@domain.com). Namun jika FTP Site tidak untuk publik, maka akan ada UserID dan password unik untuk tiap orang yang diberikan hak akses.

Saat melakukan koneksi ke FTP site yang mengizinkan user anonymous, kamu tidak akan di mintai user dan password. Karena itulah, saat mendownload sesuatu dari internet, kemungkinan besar kamu tidak sadar bahwa kamu menggunakan login FTP anonymous.

 

Bagaimana melakukan koneksi FTP ?

Untuk melakukan koneksi FTP, kamu bisa menggunakan Web Browser standar (Mozilla Firefox, Google Chrome, Dll) ataupun menggunakan software FTP Client khusus (Filezilla).

Saat menggunakan Web Browser dalam koneksi FTP, ada berbagai macam kesulitan. Proses upload yang sulit, bahkan terkadang tidak mungkin, dan proses download tidak terlindungi, misal koneksi tiba-tiba terputus, maka download tidak bisa di lanjutkan dan harus mengulang dari awal (Sangat tidak di rekomendasikan untuk upload atau download file yang besar). :runcry

Lain hal nya jika menggunakan FTP Client. Proses upload dan download sangat mudah, dan ada tambahan keamanan serta beberapa fitur khusus tergantung dari FTP client yang anda gunakan. Salah satu contoh, kemampuan untuk melanjutkan proses download yang terputus tanpa harus mengulang dari awal. :hoho

 

Apa itu FTP Client?

FTP Client adalah software yang di desain untuk melakukan proses transfer antara dua komputer melalui internet dan tentu nya hanya bisa di gunakan jika kamu punya koneksi internet. :D  Pretty obvious isn’t it ?? ahahaha..

Kebanyakan FTP client menggunakan desain dua panel. Panel sebelah kiri menunjukkan file di komputer mu, sedangkan yang kanan adalah file di komputer remote.

Resources