Melihat Password RecentServer Filezilla

*update solusi password ter-encode (25-8-2016).

Filezilla adalah salah satu program FTP Client yang populer. Saya pribadi selalu menggunakan program ini saat melakukan maintenance website.

Filezilla menyimpan data configurasi login untuk tiap host dalam file XML yang ada di direktori config nya. Data itu ada di 2 file yang bernama sitemanager.xml dan recentserver.xml. Pada file sitemanager.xml tersimpan username, password dan berbagai macam detail sebuah account FTP yang di setting di fitur sitemanager filezilla. Pada recentserver.xml tersimpan password yang ada di kotak Quickconnect. Fitur Quickconnect adalah fitur yang memungkinkan kalian untuk langsung melakukan koneksi ke host yang baru kalian akses sebelum nya tanpa harus kalian ketik lagi data login nya.

recentserver-filezilla

Sekarang begini. Ketika kalian sudah terlalu lama menggunakan fitur Quickconnect kemudian lupa dengan data login tersebut. Dan kalian terlalu malas untuk melakukan reset password FTP melalui CPANEL. Sedangkan kalian harus login ke host kalian. Bagaimana cara kita mengetahui data login yang kita perlukan untuk login ? :bingung:

Fear not, my fellow blogger.

Kalian bisa mengetahui data login dengan cara berikut.

Filezilla menyimpan data login di file recentservers.xml sebagai plaintext. Artinya bisa dibaca seperti code biasa.

File ini ada di folder “AppData”. Yang ada di C:/(drive instalasi windows) => Users => irfan(username Windows) => AppData => Roaming => FileZilla

File ini bisa dibuka dengan text editor apapun. Notepad misalnya. :D

Setelah terbuka, akan tampak block block code. Host(antara Host tag) ,username(antara User tag) dan password(antara Pass tag) akan tampak jelas.

*CATATAN : Properties folder AppData secara default adalah Hidden. Jadi Enable kan Show Hidden Item di Folder Option.

Bagaimana jika Password Recentserver ternyata di encode ?

Filezilla versi terbaru sudah menerapkan encoding pada sistem penyimpanan password di file XML nya. Tentu untuk menambah keamanan sehingga password tidak bisa dibaca secara plain.

Jika password di file XML mu terlihat seperti dibawah ini.

Berarti password kalian sudah di encode sebelum di simpan. Kalian harus melakukan proses decode agar bisa melihat password asli untuk host kalian. Kalian bisa gunakan aplikasi online ini untuk melakukan proses encode dan decode kata/string yang menggunakan sistem base64.