Mempercepat Waktu Loading Blog Dengan Menggunakan CDN

Baru baru ini saya mencoba untuk mempercepat waktu loading blog ini. Dari sekian banyak tutorial mempercepat loading blog yang ada di internet, banyak yang menyarankan menggunakan plugin Yslow sebagai pedoman optimasi.

Plugin Yslow akan menganalisa blog anda dan kemudian memberi nilai terhadap macam-macam komponen di blog anda. Dari beberapa opsi yang di rekomendasikan oleh Yslow, salah satunya adalah mempercepat waktu loading blog dengan menggunakan CDN. Berawal dari sinilah saya coba mencari tahu apa yang dimaksud dengan CDN (Content Delivery Network) itu.

Apa itu Content Delivery Network (CDN) ?

CDN adalah jaringan server di berbagai belahan dunia yang menyimpan cache atau mirroring dari website anda. Jadi dengan menggunakan layanan CDN, seluruh content website anda, mulai dari image, css, video, sampai bermacam-macam script lain yang anda gunakan akan di copy / di mirror ke seluruh jaringan server tadi.

Sebagai contoh :

Anda memiliki web yang menggunakan hosting di Indonesia. Pengunjung yang dari Indonesia sendiri mungkin tidak ada masalah dalam mengakses website anda, namun masalah muncul ketika ada pengunjung yang misal berasal dari Amerika. Bisa jadi mereka akan kesulitan mengakses website anda karena terkendala jarak dan kecepatan koneksi internasional kedua Negara. Bahkan scenario paling buruk, website anda tidak bisa di akses karena memerlukan waktu loading terlalu lama.

Disinilah peran CDN bagi website kita. Ketika ada pengunjung yang mengakses dari amerika, maka server yang terdekat dari amerika lah yang memberikan response kepada pengunjung. Begitu juga ketika ada pengunjung dari Negara lain, maka server terdekat lah yang akan merespon request pengunjung tadi.

Dengan pola seperti ini, maka website anda bisa diakses dari belahan dunia manapun dengan lebih cepat daripada kalau pengunjung harus mengakses ke tempat hosting yang anda gunakan.

Jadi bisa digambarkan seperti iniā€¦

content-delivary-network

CDN (Content Delivery Network) ada yang berupa jasa layanan seperti halnya webhosting. Kebanyakan CDN tersebut adalah berbayar, seperti contohnya akamai, maxcdn, atau instantcdn. Namun ada juga yang gratis seperti halnya cloudflare, dan coralcdn

berikut beberapa website yang menggunakan fasilitas CDN

  • www.google-analytics.com : Google
  • connect.facebook.net : Akamai
  • static.ak.facebook.com : Akamai
  • s-static.ak.facebook.com : Akamai
  • platform.twitter.com : Akamai
  • apis.google.com : Google
  • widgets.twimg.com : Cotendo CDN

Pendapat pribadi :

Dari sekian banyak layanan CDN yang gratis, Saya memilih menggunakan cloudflare.com. karena paket layanan cloudflare yang Free pun sudah cukup bagus. :)

5 Comments
  1. March 27, 2016
    • March 30, 2016
  2. January 7, 2015
  3. March 15, 2014
    • April 18, 2014