AplikasiInternet

2 Cara Mudah Potong Video Secara Online

Pernahkah Anda ingin potong video pada beberapa bagiannya saja? Tapi masalahnya adalah ketika Anda tidak memiliki aplikasi pemotong video dan malas untuk mencari di Google. Apalagi masih harus menginstalnya pula di komputer Anda. Solusinya adalah Anda bisa menggunakan layanan potong video online.

Ada beberapa website yang menyediakan layanan ini dan sering saya gunakan. Keuntungan utamanya adalah kita tidak perlu melakukan instalasi aplikasi pemotong video dan mengurangi kapasitas hardisk komputer kita.

Saya biasa menggunakan 2 website ini untuk potong video. Karena simpel dan mudah penggunaannya.

1. Online Video Cutter

Online Video Cutter bisa dengan mudah Anda gunakan untuk potong video atau hapus bagian-bagian yang tidak Anda inginkan. Aplikasi ini mendukung hampir semua format video. Cara penggunaannya pun sangat mudah dan gampang dipahami. Berikut tampilan awalnya.

Tampilan Awal

Cukup kunjungi website Online Video Cutter, impor video yang ingin Anda potong dengan cara browse di komputer Anda atau masukkan URL video dari website penyedia video. Saat ini aplikasi ini mendukung import video dari Dropbox, Google Drive, dan URL langsung file.

Import Video

Proses potong video mudah dilakukan, karena ada tinjauan visual yang bisa Anda gunakan sebagai panduan untuk memotong pada adegan yang mana dalam video Anda.

Potong Video

Semua fiturnya tinggal klik. Anda bisa menggeser bar di tinjauan visual untuk menentukan batas awal dan akhir video Anda. Jika sudah puas dengan hasil potong video, langsung klik Save di sebelah kanan untuk mendapatkan hasil edit video Anda.

2. Video Toolbox

Video Toolbox adalah opsi kedua aplikasi editor video online yang biasa saya gunakan. Di aplikasi ini tersedia lebih banyak fungsi edit video. Mulai dari memotong video, menggabungkan video, menambahkan watermark dan subtitle, serta konversi format video Anda. Format video yang didukung juga cukup banyak. Berikut daftar lengkap fitur yang disediakan oleh Video Toolbox.

Pilihan Aksi

2.1 Langkah Potong Video Menggunakan Video Toolbox

Perlu saya jelaskan di sini karena penggunaan aplikasi ini sedikit lebih rumit daripada Online Video Cutter di atas. Namun, pilihan fiturnya memang lebih lengkap pada aplikasi ini. Jadi tentukan sendiri apa kebutuhan Anda sebelum menggunakan aplikasi-aplikasi ini. Di bawah ini saya akan mejelaskan tentang cara menggunakan Video Toolbox untuk melakukan proses potong video Anda.

Langkah 1 – Membuat Akun Dan Login

Menggunakan layanan Video Toolbox memang gratis, tapi Anda perlu untuk mendaftar dan membuat akun di website mereka. Anda akan menerima email konfirmasi pendaftaran dengan link aktivasi di dalamnya. Setelah klik aktivasi dan login, Anda dapat menggunakan layanan editing video Video Toolbox.

Daftar Akun

Langkah 2 – Upload File Film

Lama waktu upload tergantung dari seberapa besar ukuran file Anda. Video Toolbox menyediakan kuota hingga 1500 MB.Kuota Video

Langkah 3 – Pilih Tindakan

Setelah proses upload selesai, centang file yang akan Anda proses, kemudian pilih “Select Action” di menu drop-down. Pilih pilihan kedua yaitu Cut/Split File untuk memotong file video.Potong Video

Langkah 4 – Proses Potong Video

Pilih waktu awal dan waktu akhir yang Anda inginkan. Kemudian, klik Cut the slice (same format) untuk langsung potong video, atau Convert the slice untuk mengkonversi video ke format file yang berbeda.Proses Potong VideoKekurangan aplikasi ini adalah tidak ada tinjauan visual yang disediakan, sehingga Anda diharuskan untuk mencatat sebelumnya dimana waktu dalam video yang akan Anda potong. Oleh karena itu saya lebih merekomendasikan menggunakan aplikasi sebelumnya. Karena dengan tinjauan visual, akan sangat memudahkan kita melakukan proses potong video.

Langkah 5 – Download File

Setelah proses memotong video file selesai, Anda dapat mendownloadnya ke komputer Anda (perhatikan lokasi folder tempat Anda menyimpannya).Download Video

Kesimpuan

Mengabadikan momen penting menggunakan video sudah menjadi hal yang umum dilakukan oleh banyak orang saat ini. Namun berbeda dengan foto, yang hanya dapat menampilkan sekilas momen yang terjadi, dengan video kita dapat melihat dengan jelas situasi dan emosi yang tampak di momen-momen penting tersebut.

Dengan adanya aplikasi ini, bahkan orang yang awam dalam bidang editing/potong video, atau yang hanya ingin memotong suatu bagian dari video untuk dibagikan sebagai Instagram Story atau status WhatsApp dapat melakukannya dengan mudah dan cepat.

Selamat mencoba.

Reborn To Be The Champion
Tags

Irfan Nurhamid

Book enthusiast. A Husband and Father. Enjoys interacting with people, travelling and swimming. -Berbagi itu Peduli-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close