WordPress

Solusi Demo Import Gagal Pada Tema WordPress?

Waduh, Demo Import gagal nih. Nah, Siapa yang pernah mengalami kegagalan melakukan demo import?

Demo Import merupakan fitur yang saat ini sudah banyak digunakan oleh tema WordPress dan sangat trending akhir-akhir ini. Terutama tema premium yang Anda harus membeli lisensinya untuk dapat digunakan di website Anda.

Demo Import

Fungsi demo import adalah memungkinkan Anda sebagai pemilik website untuk mengimpor tampilan tema yang berfungsi penuh dan siap digunakan hanya dengan satu klik pengaturan saja. Dengan begitu Anda akan dapat banyak menghemat waktu yang pasti diperlukan jika Anda mulai membangun website mulai dari awal.

Fitur ini biasanya sudah termasuk di dalam tema premium yang Anda beli, namun begitu ada juga tema yang tidak memiliki fungsi ini di dalamnya/belum terintegrasi dan harus menggunakan suatu plugin tertentu yang direkomendasikan oleh tema tersebut untuk dapat melakukan fungsi demo import.

Dibalik kemudahan pengaturan website dengan fungsi demo import, terkadang dapat pula terjadi kesalahan atau kegagalan yang terjadi. Hal ini biasanya ditandai dengan proses instalasi demo yang sangat lama dan tidak kunjung selesai atau bisa juga muncul sebuah pemberitahuan “Gagal Import”.

Penyebab Umum Kegagalan Demo Import

  1. Pihak web hosting melakukan pembatasan proses di server website (Solusinya adalah menghubungi pihak web hosting dan sampaikan jika Anda ingin melakukan proses demo import di website Anda). 
  2. Terlalu rendah pengaturan limit PHP. Misal limit PHP Memory, File Upload Size, Execution Time. 

Rekomendasi Pengaturan Limit PHP Untuk Demo Import

Seperti saya sebutkan di atas, kegagalan proses demo import akan ditandai dengan proses loading yang tidak kunjung selesai, namun bisa juga muncul pesan error seperti “Import Failed”.

Yang manapun hasil yang Anda temui, coba tingkatkan dulu PHP limit di web server Anda hingga batas minimal seperti dibawah ini. Ini merupakan standar pribadi yang biasa saya gunakan.

max_execution_time300
memory_limit256M
post_max_size32M
upload_max_filesize32M
max_input_vars3000

Cek Kebutuhan Minimal PHP Limits Tema Anda

Tema WordPress yang memiliki fitur demo import biasanya juga menyertakan sebuah halaman System Status di dashboard-nya. Nah, di sini Anda bisa menemukan nilai rekomendasi yang dibutuhkan untuk tema tersebut.

Solusi Demo Import Gagal Pada Tema WordPress?

Misal di atas ini saya memberi contoh menggunakan tema Jannah. Anda bisa melihat kebutuhan minimal yang di rekomendasikan oleh Jannah di Jannah > System Status > Server Environment. Dan pastikan tidak ada peringatan berwarna merah.

Rekomendasi PHP Limit


Ketika sudah menemukan nilai ini, hal paling mudah adalah langsung kontak penyedia web hosting Anda untuk menyesuaikan nilai yang direkomendasikan tersebut di server Anda.

Namun ada perusahaan hosting murah yang tidak mengizinkan Anda untuk meningkatkan PHP Limit sampai nilai yang direkomendasikan sehingga berakibat demo import tidak akan bisa digunakan. Nah, Anda perlu pikirkan untuk pindah hosting saja jika ini sampai terjadi.

Sumber tambahan untuk meningkatkan limit PHP bisa dibaca di bawah ini.

Baca juga : https://bolosaholic.com/meningkatkan-maximum-upload-size/

Baca juga : https://bolosaholic.com/meningkatkan-php-time-limit/

Baca juga : https://bolosaholic.com/meningkatkan-php-max-input-vars/

Tags

Irfan Nurhamid

Book enthusiast. A Husband and Father. Enjoys interacting with people, travelling and swimming. -Berbagi itu Peduli-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close