Inspirasi

Mari Berkontribusi Ke Komunitas Open Source Melalui Hacktoberfest 2019

Apa itu Hacktoberfest?

Pertama kali diadakan pada tahun 2014, Hacktoberfest adalah sebuah festival selama bulan Oktober untuk merayakan kontribusi dan dukungan terhadap gerakan open source. Pada tahun ini, yang merupakan tahun keenam diadakannya, Hacktoberfest disponsori oleh DigitalOcean dan DEV.

hacktoberfest

Tujuan dari festival ini adalah untuk mengundang dan memperkenalkan komunitas open source kepada siapa saja, serta untuk turut ikut berkontribusi dalam proyek open source apa saja yang menarik bagi Anda.

Hacktoberfest bisa diikuti siapa saja, entah Anda seorang developer, atau pelajar yang baru belajar coding, semua bisa ikut festival ini. Dan tidak terbatas pada seberapa tinggi level Anda dalam pemrograman. Kontribusi Anda dapat perbaikan bug, penambahan konten, atau pun berupa perbaikan penulisan dokumentasi.

Kenapa Saya Harus Ikut Berkontribusi?

Secara sederhana, tujuan ikut Hacktoberfest adalah Mendukung komunitas open source dan mendapat kenang-kenangan T-shirt limited edition. 🙂

Tapi yang lebih utama adalah tentang mendukung open source, tentang merayakan open source, dan memberikan sebuah timbal balik ke komunitas. Festival ini adalah sebuah kesempatan yang sangat bagus bagi Anda yang belum pernah melakukan kontribusi ke open source, karena pada saat Hacktoberfest akan ada banyak proyek di GitHub yang bermunculan untuk merayakan festival ini (Dan akan ada banyak pula proyek yang di buat khusus untuk pemula yang ingin memulai berkontribusi dengan tingkat kesulitan yang rendah)

Apa Kontribusi Yang Bisa Saya Lakukan?

Hacktoberfest terbuka untuk semua orang, dari semua level kemahiran. Jadi tidak harus melakukan kontribusi dengan kemampuan coding Anda. Bisa membuat sebuah dokumentasi, atau bahkan membetulkan kesalahan eja. Anda dapat berkontribusi ke proyek mana saja yang ada di GitHub.com mulai dari 1 Oktober sampai 31 Oktober.

Bagi pemula, akan banyak proyek dengan label hacktoberfest atau good-first-issue di GitHub. Ini biasanya adalah proyek sederhana dan mudah yang memang diperuntukkan bagi pemula yang ingin mulai berkontribusi ke komunitas open source.

Bagaimana Saya Mulai Melakukan Kontribusi?

Cara mulai ikut berkontribusi di festival Hacktoberfest ini sangat mudah. Pertama-tama Anda harus mendaftar di website Hactoberfest.

Kemudian mulai cari proyek di GitHub yang bisa Anda bantu dan mulai lakukan perbaikan serta Pull Request (PR) di masing-masing proyek/repository tadi. Selama itu adalah proyek yang bersifat publik maka PR Anda akan dihitung untuk menentukan apakah Anda berhak mendapatkan kenang-kenangan berupa T-shirt atau tidak.

Bagi Anda yang seorang pemula, coba cari proyek/repository dengan label hacktoberfest atau good-first-issue.

Anda membutuhkan minimal 4 Pull Request untuk berhak mendapatkan T-shirt.

Bagaimana Saya Melihat Status Pull Request Saya?

Untuk melihat apakah Anda sudah membuat setidaknya 4 Pull Request, dan status kontribusi Anda tersebut. Anda dapat melihatnya di tab profile website Hacktoberfest.

Progress Hacktoberfest

Di sana akan tampil berapa jumlah kontribusi yang sudah Anda lakukan, beserta status kontribusi Anda.

Dapatkan T-Shirt Anda

Setelah Hacktoberfest berakhir dan Anda telah berhasil menyelesaikan challenge Hacktoberfest yaitu berkontribusi ke komunitas open source dengan membuat minimal 4 Pull Request, tim The Digital Ocean akan menghubungi Anda dengan instruksi untuk melakukan klaim T-shirt Anda. Di sana Anda akan diminta data ukuran t-shirt dan tujuan pengiriman.Complete Hacktoberfest

Harap diingat, festival ini dirayakan oleh banyak orang dari berbagai macam negara, jadi sabar saja menunggu proses pengiriman T-shirt ini. Pada tahun lalu, saya mendapat instruksi untuk klaim T-shirt pada awal November. Namun saya baru menerima pemberitahuan bahwa paket T-shirt saya dikirim pada bulan Desember dari Amerika. Dan akhirnya sampai di tujuan, di Indonesia pada akhir Januari.

Proses pengirimannya dapat dilacak juga. Pada saat itu dikirim menggunakan DHL dari Amerika, dan diteruskan ke POS Indonesia ketika sudah masuk di Indonesia. T-shirt ini Anda dapatkan gratis ya, namun tahun lalu saya diminta biaya administrasi oleh pak posnya sebesar Rp. 20.000

Kesimpulan

Komunitas pengembang open source sudah banyak berjasa dalam perkembangan teknologi dan memberi manfaat bagi orang banyak. Pada festival inilah saat yang tepat untuk Anda yang ingin mendukung komunitas tersebut dengan cara mulai ikut berkontribusi ke proyek-proyek open source.

Semua adalah seorang pemula di awal memulai, dan mungkin kontribusi kita masih terbilang sederhana, namun diharapkan itu akan memiliki efek jangka panjang untuk komunitas dan teknologi bahkan setelah Oktober berakhir.

Catatan Tambahan

Ada banyak perusahaan yang ikut mendukung festival ini. Dan mereka menyediakan hadiah Hacktoberfest masing-masing sesuai dengan tingkat kontribusi Anda. Namun mereka juga menentukan sendiri bagaimana aturan kontribusi ke proyek mereka. Nah, daftar perusahaan-perusahaan tersebut dan aturan kontribusi masing-masing bisa Anda cek di website Hacktoberfest Swag List.

Happy Hacktoberfest !!!

Reborn To Be The Champion
Tags

Irfan Nurhamid

Book enthusiast. A Husband and Father. Enjoys interacting with people, travelling and swimming. -Berbagi itu Peduli-

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close