Tips dan BantuanTeknologi

Cara Hapus Cache Pada Berbagai Browser

Apa Itu Cache Browser?

Ketika Anda mengunjungi suatu website, akan terjadi proses download media atau file dari server website tersebut ke komputer Anda. Dan supaya website dapat loading dengan cepat, website akan meminta browser Anda untuk menyimpan media atau file tadi di hard disk komputer Anda. Proses menyimpan dan hapus cache ini terjadi secara otomatis dan tanpa perlu interaksi pengguna. Cache berguna ketika suatu saat Anda mengunjungi website ini lagi, browser tidak perlu melakukan download ulang file dari server website, karena file-file ini sudah ada dan akan di-load dari komputer Anda. Proses ini disebut dengan caching. Hal inilah yang mengurangi secara drastis waktu loading website.

Kenapa Cache Browser perlu dibersihkan?

Proses caching sangat berguna untuk pengguna dan penyedia website. Bagi pengguna, akan lebih nyaman karena website dapat loading dengan lebih cepat. Sedangkan bagi penyedia website, tentu akan cukup menghemat kuota bandwith. Namun adakalanya juga terjadi sesuatu yang salah dari proses caching. Misalnya browser Anda belum menyimpan file terbaru dari suatu website, padahal dari sisi server ada perubahan pada tampilan website (website yang sebelumnya tampak bagus, namun hari ini tampak seperti barisan teks yang tidak nyaman dilihat).

Update Cache / Cache Override

Jika masalah cache yang tidak terupdate yang Anda hadapi, maka sebelum melakukan pembersihan semua cache browser ada langkah pertama yang paling mudah dan cepat yang bisa Anda coba yaitu update cache atau override cache. Cukup tekan Ctrl+Shift+R atau Ctrl+F5 [Windows] dan Cmd+Shift+R [Mac]. Ini adalah metode me-reload / refresh halaman dengan meminta file terbaru dari server website.

Menghapus Cache Browser

Saat cara update cache atau cache override di atas tidak menyelesaikan masalah, maka Anda bisa mencoba menghapus semua cache browser. Berikut langkah-langkahnya.

Mozilla Firefox

  1. Klik menu Cara Hapus Cache Pada Berbagai Browserdi sebelah kanan atas. Kemudian pilih “Options
  2. Pilih “Privacy & Security
  3. Scroll di bagian “Cookies and Site Data“, pilih “Clear DataHapus Cache Browser
  4. Pastikan centang hanya di bagian “Cached Web ContentHapus Cache
  5. Tekan “Clear

Cara Alternatif : Klik Ctrl + Shift + Del untuk memunculkan window “Clear Recent History“. Di bagian Time range to clear, pilih “Everything“. Kemudian pastikan centang HANYA di “Cache“. Klik “Clear NowHapus Cache Mozilla

Google Chrome

  1. Di sebelah kanan atas, klik tombol Cara Hapus Cache Pada Berbagai Browser
  2. Klik “Fitur Lainnya“, kemudian “Hapus Data Browsing
  3. Pada bagian atas, pilih rentang waktu. Untuk menghapus semua, pilih Semua
  4. Pastikan hanya centang “Gambar dan file dalam cache
  5. Klik “Hapus Data

Cara Alternatif : Klik Ctrl + Shift + Del untuk memunculkan window “Clear Browsing Data“. Di bagian Time range, pilih “All Time“. Kemudian pastikan centang HANYA di “Cached images and files“. Klik “Clear DataHapus Cache Chrome

Opera

  1. Klik “Preferences
  2. Pilih “Advanced“, kemudian “History
  3. Pilih “Empty the cache” untuk menghapus seluruh cache di komputer.

Kesimpulan

Fitur caching sangat memudahkan pengguna. Dan sangat jarang terjadi kesalahan dalam proses ini. Namun ketika benar-benar terjadi suatu kesalahan pada proses ini, maka akibatnya sangat menyebalkan. Mulai dari tampilan website yang tampak aneh, gambar yang tidak beraturan, dan lain sebagainya.

Reborn To Be The Champion
Tags

Irfan Nurhamid

Book enthusiast. A Husband and Father. Enjoys interacting with people, travelling and swimming. -Berbagi itu Peduli-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close