Pengetahuan

FTP (File Transfer Protocol)

Apa yang dimaksud dengan FTP (File Transfer Protocol)?

FTP (File Transfer Protocol) adalah salah satu cara paling simpel dan aman dalam pertukaran file melalui dunia maya/internet. Entah Anda sadar atau tidak, selama Anda browsing di internet, Anda sudah menggunakan FTP. 😀

Penggunaan paling umum dari FTP adalah untuk men-download file dari internet. Karena itu, FTP adalah pusat atau tulang punggung, dan sangat vital peranannya bagi para pengguna internet.

Tambahan lagi, kemampuan FTP dalam mentransfer dan menerima file via internet, menjadikan FTP sangat penting bagi siapapun yang membuat sebuah website, baik seorang amatir ataupun profesional.

Saat Anda men-download file dari internet, proses sebenarnya adalah Anda mentransfer file tersebut ke komputermu dari komputer lain melalui jaringan internet. Itulah arti dari huruf T (Transfer) dalam FTP. Walaupun Anda tidak tahu sebenarnya berasal dari komputer mana file yang Anda download tadi.

Alamat FTP sama dengan alamat website kebanyakan, perbedaannya hanya pada penggunaan prefix/awalan alamatnya. jika website menggunakan http://, maka FTP menggunakan ftp://.

Seringkali, sebuah komputer dengan alamat FTP didedikasikan hanya untuk menerima koneksi FTP. Jika sebuah komputer yang disetting untuk meng-host halaman web disebut sebagai Web Server atau Website, maka komputer yang didedikasikan hanya untuk menerima koneksi FTP disebut sebagai FTP Server atau FTP site.

Apa itu FTP Site?

FTP site bisa diibaratkan sebuah lemari penyimpanan besar. Pada lemari penyimpanan tradisional, orang yang menyimpan sesuatu di sana bebas untuk melabeli dan mengatur file di situ sesuai keinginan mereka. Mereka juga bisa menentukan mana file yang bersifat rahasia sehingga harus di kunci dan mana yang bersifat publik. Seperti itulah gambaran sebuah FTP Site.

Virtual Key atau kunci masuk ke sebuah FTP site menggunakan UserID dan Password. Jika pembuat FTP site-nya memberi tiap orang akses menuju filenya, maka UserID adalah ‘anonymous’ dan passwordnya menggunakan alamat email Anda (nama@domain.com). Namun jika FTP Site tidak untuk publik, maka akan ada UserID dan password unik untuk tiap orang yang diberikan hak akses.

Saat melakukan koneksi ke FTP site yang mengizinkan user anonymous, Anda tidak akan dimintai user dan password. Karena itulah, saat mendownload sesuatu dari internet, kemungkinan besar Anda tidak sadar bahwa Anda menggunakan login FTP anonymous.

Bagaimana melakukan koneksi FTP ?

Ada dua hal yang harus tersedia sebelum Anda dapat melakukan koneksi FTP ke server hosting Anda.

1. Akun FTP

Langkah awal adalah membuat akun FTP di server hosting Anda. Hampir semua perusahaan hosting menyediakan fitur koneksi FTP. Karena fitur ini sangat penting dan mendasar menurut saya dalam hal membangun sebuah website.

2. Instal software FTP Client

Langkah kedua adalah install software FTP ke komputer Anda. Kemudian setting software FTP Anda dengan username dan password yang sudah Anda buat untuk mengakses server hosting Anda. Setelah itu Anda bisa login ke server website dan melakukan proses upload, download, dan modifikasi file yang ada di server Anda.

Sebenarnya ada juga ekstensi/plugin FTP yang dapat diinstall di browser, namun saya tidak merekomendasikan hal ini. Saya lebih memilih menginstall software FTP Client sendiri. Saya pribadi menggunakan Filezilla.

FTP (File Transfer Protocol)
Tampilan Filezilla

 

Saat menggunakan Web Browser dalam koneksi FTP, ada berbagai macam kesulitan. Proses upload yang sulit, bahkan terkadang tidak mungkin, dan proses download tidak terlindungi, misal koneksi tiba-tiba terputus, maka download tidak bisa dilanjutkan dan harus mengulang dari awal (Sangat tidak direkomendasikan untuk upload atau download file yang besar).

Lain halnya jika menggunakan FTP Client. Proses upload dan download sangat mudah, dan ada tambahan keamanan serta beberapa fitur khusus tergantung dari FTP client yang anda gunakan. Salah satu contoh, kemampuan untuk melanjutkan proses download yang terputus tanpa harus mengulang dari awal.

Apa itu FTP Client?

FTP Client adalah software yang didesain untuk melakukan proses transfer antara dua komputer melalui internet dan tentu nya hanya bisa di gunakan jika Anda punya koneksi internet.

Kebanyakan FTP client menggunakan desain dua panel. Panel sebelah kiri menunjukkan file di komputermu, sedangkan yang kanan adalah file di komputer remote (Hosting).

Resources

Tags

Irfan Nurhamid

Book enthusiast. A Husband and Father. Enjoys interacting with people, travelling and swimming. -Berbagi itu Peduli-

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back to top button
Close
Close